Nico Siahaan, Juga Sukses dalam Bisnis
Nico Siahaan, artis asal Batak ini patut menjadi contoh. Selain sukses menembus Senayan dengan menjadi anggota DPR untuk periode 2014-2019, Nico sukses di dunia entertaint dengan mengawali karier menjadi presenter sejak tahun 1990’an. Berkat kerja keras dan ketekunannya, ia meraih setiap impiannya. Ia juga diketahui sukses dalam berbisnis.
Pada tahun 2008, berawal dari menyukai masakan khas Sunda, Leunca, ia kemudian bekerjasama dengan temannya membuka restoran dengan menu andalan masakan khas Sunda di Bandung. "Kebetulan yang punya teman kampus gue, akhirnya gue kerjasama, semi franchise," katanya. Sebelumnya, Nico juga merintis restoran Jepang.
Selain bisnis restoran, Nico Siahaan juga menjadi salah satu selebriti yang sukses menjalankan bisnis EO selama puluhan tahun. Sebelum membangun bisnis EO, awalnya Nico berniat membangun sebuah manajemen artis. Namun, secara tidak disengaja niat tersebut malah berubah menjadi bisnis EO.
"Ketika melihat orang lain mengerjakan sesuatu, rasanya ingin membantu," tutur ayah dari dua anak ini.
Kedekatan Nico dengan dunia EO sudah terjalin sejak tahun 90-an. Sebagai salah satu karyawan di divisi off air Radio Oz Bandung, Nico banyak belajar seluk-beluk menyelenggarakan sebuah acara, mulai dari lomba debat hingga konser musik. Konser Sendiri milik mendiang Chrisye yang diselenggarakan di Eldorado pun menjadi pintu yang memperkenalkan Nico dengan para profesional di dunia EO dari Jakarta. "Sampai di Jakarta, saya sempat bekerja dengan mereka untuk belajar," tambahnya.
Meskipun sudah banyak menggelar acara, namun ada acara yang membekas dalam memori Nico. Salah satu yang paling diingatnya adalah ketika ia dan tim mengerjakan acara perubahan logo salah satu stasiun TV swasta di Indonesia.
"Itu adalah acara besar pertama yang kami gelar, dengan menghadirkan banyak artis. Klien juga terlihat puas. Acara itu adalah batu loncatan bagi kami," ungkapnya.
Melihat klien bahagia akan suksesnya acara adalah salah satu hal yang memberi kepuasan tersendiri bagi Nico dalam menjalani bisnis EO. "Satu hal yang sama dari pekerjaan di dunia hiburan dan EO adalah keinginan untuk membahagiakan orang lain," lanjut Nico. "Kita harus menciptakan kreativitas yang dapat menghibur orang. "Saya senang mengerjakan sesuatu yang membuat orang lain tersenyum. Inilah yang membuat kami mau bekerja lebih keras untuk orang lain. Event organizer harus memiliki kreativitas yang tak terbatas." Nico pun membeberkan rahasianya mempertahankan bisnisnya, mengingat usaha EO kini kian menjamur.
"Kalau tidak banyak belajar, pasti akan tertinggal. Salah satunya, kita harus sering memerhatikan konser atau acara apa pun, agar kreativitas kita terus terasah dan mengalirkan ide-ide," tuturnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar